oleh Sintowati Soetanto (Manager of Corpus Fitness and Creativity)

Dalam artikel yang saya baca di antara.com, edisi Rabu, 27 Oktober 2021, yang berjudul : Kemenpora sebut kebugaran jasmani pelajar Indonesia rendah (https://www.antaranews.com/berita/2484773/kemenpora-sebut-kebugaran-jasmani-pelajar-indonesia-rendah)., Bapak Ary Moelyadi (asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora menyatakan bahwa persentase kebugaran jasmani pelajar Indonesia hanya 0,14%. Sedangkan pelajar yang memiliki kebugaran jasmani yang masuk dalam kategori sangat aktif hanya 2,1%. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab yaitu:

 

  1. Meningkatnya kenakalan remaja
  2. Olahraga belum menjadi gaya hidup remaja, sekedar ikut-ikutan sesaat
  3. Dominasi kemajuan teknologi dan revolusi industri ke 4
  4. Kurang fasilitas serta ekstrakurikuler olahraga yang menarik
  5. Kondisi pandemi membuat anak terbatas untuk berolahraga

Pada tahun ajaran 2021-2022, tim guru Pendidikan Jasmani Elyon Christian School mencoba mendata tingkat kebugaran jasmani semua sivitas akademika (pemimpin, guru, staf dan siswa), dengan menggunakan instrumen Tes Kesehatan Jasmani Indonesia (modifikasi) dan Body Mass Index (BMI) . Dari sekitar 750 data yang valid, peserta yang mencapai tingkat kebugaran yang baik berada di bawah 10%. Hal ini juga menjadi keprihatinan kami bersama untuk membudayakan semangat baru memiliki dan menjaga keseimbangan kualitas hidup dengan memulai kebiasaan baru berolahraga ringan, menyenangkan dan dilakukan secara rutin.

Motivasi yang baik ini sejalan dengan pendidikan holistik dengan melaksanakan program 5 K (Kerohanian, Karakter, Kompetensi, Kebugaran dan Kreatifitas). Dengan melihat kebutuhan ini maka guru-guru Pendidikan Jasmani Elyon Christian School menggagas sebuah program kebugaran (Corpus Fitness). Program Corpus Fitness dirancang untuk seluruh sivitas akademika secara serentak dilakukan bersama-sama dengan dukungan para orangtua siswa.

  1. Pendataan Kebugaran (Pre-Test)
  2. Webinar  tentang kebugaran
  3. Sosialisasi rancangan program kebugaran untuk tiap level
  4. Latihan harian sesuai dengan tingkat kebugaran
  5. Pendataan Kebugaran (Post-Test)
  6. Evaluasi semester

Program ini dilaksanakan secara mandiri, dengan menggunakan aplikasi yang sederhana, dan dapat dipantau oleh para wali kelas dan tim guru Pendidikan Jasmani. Harapan kami dengan melaksanakan program ini secara teratur akan membentuk sebuah budaya baru di kalangan sivitas akademika Elyon Christian School, sehingga sivitas akademika akan bugar, sehat dan gembira sesuai slogan yang kami buat “Elyon ready for triple H (Healthy, Hearty and Happy)”, Health is Wealth, Shape it Up !”. Kesehatan, kebugaran dan Kegembiraan adalah modal utama membuat setiap insan mencapai prestasi terbaiknya.

Dalam artikel Kemenpora ditutup dengan pernyataan bahwa untuk mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045, pemerintah perlu menyiapkan hak anak untuk tumbuh kembang, kesehatan serta pendidikan karakter karena para pelajar merupakan pemimpin yang akan berkontribusi baik dalam pemerintahan maupun swasta.

Hal ini selaras dengan motto Elyon Christian School, mendidik setiap siswa agar menjadi pemimpin yang berkemenangan di dalam Kristus.